Achmad Ramzi

 Pendekatan kardinal adalah salah satu cara dalam menganalisis perilaku konsumen berdasarkan asumsi bahwa tingkat kepuasan pelanggan/konsumen dapat diukur dengan satuan nominal tertentu, seperti uang, jumlah, atau unit. Oleh karena itu, pendekatan ini disebut juga dengan pendekatan kardinal (cardinal approach).

Beberapa faktor yang mempengaruhi tingkat konsumsi seseorang antara lain:

  • tingkat pendapatan,
  • tingkat pendidikan,
  • tingkat dan jenis kebutuhan,
  • kebiasaan masyarakat,
  • status sosial, dan
  • selera masyarakat.

Ciri-ciri perilaku konsumen yang bersifat rasional antara lain:

  • Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan.
  • Barang yang dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsumen.
  • Konsumen memilih barang yang mutunya terjamin.
  • Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan kemampuan konsumen.

perilaku konsumen yang cenderung tidak rasional memiliki ciri-ciri antara lain:

  • Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan gengsi atau karena ingin pamer.
  • Konsumen lebih mementingkan merek ketimbang nilai guna barang.
  • Konsumen sangat mudah dipengaruhi oleh iklan dan promosi yang cenderung bombastis.

Komentar