Achmad Ramzi 1212300138

 

Keseimbangan Pasar (Market Equilibrium)

 

Ø Pengertian keseimbangan pasar

keseimbangan pasar atau harga pasar adalah harga kesepakatan antara pembeli dan penjual yang terbentuk dari hasil tawar menawar. Keseimbangan pasar didefinisikan sebagai suatu kondisi dimana jumlah penawaran sama besar dengan jumlah permintaan. Atau jumlah barang yang diminta sesuai dengan besaran harga yang ditawarkan.

Ø Proses terbentuknya harga pasar (keseimbangan pasar)

Terbentuknya harga keseimbangan pasar dikarenakan adanya proses tawar menawar. Keseimbangan pasar memiliki peran penting untuk mengendalikan harga. Sehingga tidak akan terjadi harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah. Dilansir dari situs Fullerton College, harga keseimbangan pasar juga bisa dilihat dalam bentuk kurva. Jika kurva penawaran dengan permintaan saling berpotongan, maka pasar dalam kondisi ekulibrium atau seimbang.

Ø Faktor yang memengaruhi keseimbangan pasar

 

ada banyak faktor yang memengaruhi keseimbangan pasar. Antara lain sebagai berikut

 

·       Tersedianya barang sesuai dengan yang diminta

 

Seorang penjual, akan menyediakan barang sesuai dengan jumlah yang diminta oleh konsumen. Jika barang yang tersedia terlalu banyak, dan permintaan sedikit, maka tidak akan terjadi keseimbangan. Bahkan akan berpengaruh pada besaran harga barang tersebut di pasaran.

 

·       Persediaan barang sesuai penawaran

 

pembeli Untuk mendapat kesepakatan harga, pembeli akan melakukan penawaran kepada penjual. Pembeli pun akan membeli persediaan barang yang ada dari penjualan sesuai dengan yang dibutuhkan.

 

·       Keseimbangan permintaan dan tingkat ketersediaan

 

Kebutuhan pembeli akan barang yang tersedia di pasar membuat penjual harus memastikan jumlah ketersediaan barang dagangan. Barang harus terus tersedia dalam periode tertentu serta tidak menambahkan jumlah barang yang berlebihan

 

·       Adanya kesamaan jumlah penawaran produsen dan permintaan konsumen

 

Suatu penawaran akan disebut efektif, bila produsen mampu menjual barang sesuai dengan jumlah yang ada. Produsen tidak akan menambah jumlah persediaan barang. Sementara konsumen melakukan permintaan barang dengan jumlah seperti biasanya. Jika hal ini terjadi, maka keseimbangan akan berlangsung terus menerus. Kembali lagi, dampaknya akan terjadi pada harga pasar. Jika keseimbangan terjadi, maka tidak akan ada kenaikan atau penurunan harga, semuanya akan stabil atau konstan seperti biasa

 

 

Ø Fungsi Keseimbangan Pasar

 

Beberapa fungsi pentingnya mencapai keseimbangan pasar adalah sebagai berikut

·       Fungsi Permintaan

 

Fungsi permintaan adalah hubungan antara jumlah permintaan suatu barang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Hubungan antara harga dan jumlah barang dalam fungsi permintaan berbanding terbalik. Jika harga produk turun, permintaan meningkat dan sebaliknya. Itulah sebabnya grafik fungsi permintaan selalu negatif. Kondisi sering muncul dalam industri di mana harga pasar lebih rendah dari harga keseimbangan.

·       Fungsi Penawaran

 

Fungsi penawaran adalah hubungan antara jumlah barang dan harga yang ditawarkan kepada penjual. Fungsi penawaran sesuai dengan undang-undang penawaran yang berlaku, dimana kenaikan harga diikuti dengan kenaikan kuantitas yang ditawarkan dan sebaliknya. Hal ini sesuai dengan asumsi ceteris paribus atau pengaruh faktor lain yang dianggap tetap, seperti kenaikan harga yang menyebabkan penurunan permintaan barang. Oleh karena itu, perbandingan  harga dan kuantitas yang ditawarkan selalu memberikan hubungan yang positif.

 

Ø Contoh Keseimbangan Pasar

 

Contoh keseimbangan pasar yang bisa kita lihat dalam kehidupan masyarakat adalah penjualan minyak goreng di pasar. Sebagai kebutuhan pokok, permintaan akan produk ini sangat tinggi. Namun karena kelangkaan bahan baku, produsen tidak bisa memenuhi kebutuhan minyak goreng masyarakat. Akibatnya, harga pasar pun meningkat. Keseimbangan pasar akan terjadi ketika pasokan minyak goreng di pasar memenuhi permintaan masyarakat dengan harga yang wajar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Achmad Ramzi 1212300138

ACHMAD RAMZI 1212300138

teori biaya produksi jangka pendek