Achmad Ramzi 1212300138
Keseimbangan
Pasar (Market Equilibrium)
Ø Pengertian
keseimbangan pasar
keseimbangan pasar atau harga pasar
adalah harga kesepakatan antara pembeli dan penjual yang terbentuk dari hasil
tawar menawar. Keseimbangan
pasar didefinisikan sebagai suatu kondisi dimana jumlah penawaran sama besar
dengan jumlah permintaan. Atau jumlah barang yang diminta sesuai dengan besaran
harga yang ditawarkan.
Ø Proses
terbentuknya harga pasar (keseimbangan pasar)
Terbentuknya harga keseimbangan
pasar dikarenakan adanya proses tawar menawar. Keseimbangan pasar memiliki peran penting untuk
mengendalikan harga. Sehingga tidak akan terjadi harga yang terlalu tinggi atau
terlalu rendah. Dilansir
dari situs Fullerton College, harga keseimbangan pasar juga bisa dilihat dalam
bentuk kurva. Jika kurva penawaran dengan permintaan saling berpotongan, maka
pasar dalam kondisi ekulibrium atau seimbang.
Ø Faktor
yang memengaruhi keseimbangan pasar
ada
banyak faktor yang memengaruhi keseimbangan pasar. Antara lain sebagai berikut
·
Tersedianya barang sesuai dengan yang
diminta
Seorang
penjual, akan menyediakan barang sesuai dengan jumlah yang diminta oleh
konsumen. Jika barang yang tersedia terlalu banyak, dan permintaan sedikit,
maka tidak akan terjadi keseimbangan. Bahkan akan berpengaruh pada besaran
harga barang tersebut di pasaran.
·
Persediaan barang sesuai penawaran
pembeli
Untuk mendapat kesepakatan harga, pembeli akan melakukan penawaran kepada
penjual. Pembeli pun akan membeli persediaan barang yang ada dari penjualan
sesuai dengan yang dibutuhkan.
·
Keseimbangan permintaan dan tingkat
ketersediaan
Kebutuhan
pembeli akan barang yang tersedia di pasar membuat penjual harus memastikan
jumlah ketersediaan barang dagangan. Barang harus terus tersedia dalam periode tertentu
serta tidak menambahkan jumlah barang yang berlebihan
·
Adanya kesamaan jumlah penawaran
produsen dan permintaan konsumen
Suatu
penawaran akan disebut efektif, bila produsen mampu menjual barang sesuai
dengan jumlah yang ada. Produsen tidak akan menambah jumlah persediaan barang.
Sementara konsumen melakukan permintaan barang dengan jumlah seperti biasanya.
Jika hal ini terjadi, maka keseimbangan akan berlangsung terus menerus. Kembali
lagi, dampaknya akan terjadi pada harga pasar. Jika keseimbangan terjadi, maka
tidak akan ada kenaikan atau penurunan harga, semuanya akan stabil atau konstan
seperti biasa
Ø Fungsi
Keseimbangan Pasar
Beberapa fungsi pentingnya mencapai
keseimbangan pasar adalah sebagai berikut
·
Fungsi Permintaan
Fungsi permintaan adalah hubungan
antara jumlah permintaan suatu barang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Hubungan antara harga dan
jumlah barang dalam fungsi permintaan berbanding terbalik. Jika harga produk
turun, permintaan meningkat dan sebaliknya. Itulah sebabnya grafik fungsi
permintaan selalu negatif. Kondisi sering muncul dalam industri di mana harga
pasar lebih rendah dari harga keseimbangan.
·
Fungsi Penawaran
Fungsi penawaran adalah hubungan
antara jumlah barang dan harga yang ditawarkan kepada penjual. Fungsi penawaran sesuai dengan
undang-undang penawaran yang berlaku, dimana kenaikan harga diikuti dengan
kenaikan kuantitas yang ditawarkan dan sebaliknya. Hal ini sesuai dengan asumsi
ceteris paribus atau pengaruh faktor lain yang dianggap tetap, seperti kenaikan
harga yang menyebabkan penurunan permintaan barang. Oleh karena itu,
perbandingan harga dan kuantitas yang
ditawarkan selalu memberikan hubungan yang positif.
Ø Contoh
Keseimbangan Pasar
Contoh keseimbangan pasar yang bisa
kita lihat dalam kehidupan masyarakat adalah penjualan minyak goreng di pasar.
Sebagai kebutuhan pokok, permintaan akan produk ini sangat tinggi. Namun karena
kelangkaan bahan baku, produsen tidak bisa memenuhi kebutuhan minyak goreng
masyarakat. Akibatnya, harga pasar pun meningkat. Keseimbangan pasar akan
terjadi ketika pasokan minyak goreng di pasar memenuhi permintaan masyarakat
dengan harga yang wajar.
Komentar
Posting Komentar